Pages

Selasa, 20 Juli 2010

Segumpal Tanah Surga Terhempas Ke Bumi

Wisata ke Lembah Kerinci, Segumpal Tanah Surga yang Terhempas ke Bumi

Lembah Kerinci berdasarkan sejarah dan budaya juga dikenal sebagai tempat bermukimnya masyarakat Melayu Tua dan terkiat dengan sejarah penyebaran agama Islam. Terbukti dengan masih banyaknay ditemukan peninggalan-peninggalan yang menunjukkan perjuangan penyebaran agama Islam, seperti lukisan manusia dalam Goa Kasah, kuburan batu, batu-batu prasejarah dan beberapa masjid tua yang tersebar adalah Masjid Agung Pndok Tinggi.

Dengan latar belakang sejarah Islam yang sangat kuat di Lembah Kerinci, membuat ungkapana segempal tanah surga yang terhempas ke Bumi semakin tepat. Mengapa? Karena selama kita di Kerinci, kita akan menikmati kesejukan alam yang damai, tentram dan mayoritas masyarakat Kerinci masih sangat kuat dan taat beribadah ke mesjid dan mushola. Tak heran, apabila pagi hari atau sore hari kita akan sering melihat warga masyarakat dan biasanya kelompok ibu-ibu atau wanita sering menggunakan kain mukena (pakaian shalat) dari rumah menuju mesjid dan mushola, sehingga terasa suasana sangat tentram dan Islami. Tepat bila Kerinci juga sangat cocok untuk wisata ziarah agama Islam.

Namun bagi kalangan non Muslim, juga tidak perlu cemas karena mayoritas masyarakat Kerinci sangat terbuka dan modern. Terbukti juga terdapat banyak warga non muslim dan warga keturunan Cina yang hidup tentram dan berusaha mencari nafkah secara turun temurun di sana.

Di samping objek alam dan sejarah agama, ternyata kebudayaan Kerinci juga memiliki nilai-nilai kesenian yang tinggi dan masih dipertahankan terus hingga saat ini. hal ini diwujudkan dalam bentuk tari-tarian, atraksi-atraksi kekebalan tubuh (mirip debus di Jawa Barat), alat-alat musik, benda-benda kerajinan, batik Kerinci dan lain-lain yang setiap saat dapat dinikmati pengunjung dan juga dibawa pulang sebagai suvenir.

Jangan Khawatirkan Akomodasi dan Transportasi
Uadara sejuk, dingin dan banyaknya ojek yang dilihat. Tidak terasa perut kita lapar. Untuk hal ini kita juga tidak perlu khawatir karena Lembah Kerinci yang subur telah membuktikan tumbuhnya berbagai macam jenis tanaman, padi, sayur, buah bahkan hasil ternak, ikan danau dan ikan laut dari Pesisir Selatan di Kerinci sangat mudah dan tersedia banyak rumah makan baik di desa maupun di kita. hanya secara umum, cita rasa sangat dipengaruhi oleh cita rasa Minangkabau (rasa pedas dan bersantan).

Untuk urusan makan minum, rasanya belum pas kalau selama di Kerinci tidak mencoba makan Beras Payo, Gulai Ikan Semah, Dendeng Beteko, Kacang Tojin, Lemang dan Jeruk Pelompek, atau minum Kopi Kerinci dan Teh Kayu Aro.

Belum ada hotel kelas berbintang di Kerinci sampai saat ini, tetapi pengunjung juga jangan khawatir karena di kota Sungai Penuh, ibukota Kabupaten Kerinci, terdapat banyak hotel kelas Melati mulai tarif Rp. 15.000-Rp.100.000 dengan pelayanan yang cukup nyaman. Bahkan untuk yang berminat langsung mendaki Gunung Kerinci dan Gunung Tujuh di sekitar kaki gunung di Desa Kersik Tuo dan juga Desa Pesisir Bukit sudah terdapat beberapa home stay yang bersih dengan tarif berkisar Rp 15.000-Rp 25.000.

Sarana transportasi, setiap hari terdapat perjalanan Kerinci ke Padang, Jambi, Muara Bungo, Banko dan Bengkulu. SEdang untuk bis Jakarta-Kerinci saat ini baru terdapat satu perusahaan dengan jadwal 2 kali seminggu. Angkutan dalam kota Sungai Penuh, lebih mudah dengan ojek, juga terdapat delman hanya terkadang agak sulit apabila ke daerah yang tinggi. Sedangkan untuk angkutan ke desa-desa di sekitar kota terdapat angkutan pedesaan. Untuk lebih nyaman dan pasti pengunjung ke objek-objek yang tersebar di luar Kota Sungai Penuh dapat saja menyewa mobil carteran yang ditawarkan oleh hotel.

Adapun untuk sarana jalan yang ada juga tak usah dikhawatirkan. Sarana jalan di Kerinci khususnya yang menuju objek-objek wisata yang relatif sudah beraspal dan mulus. Termasuk jalan yang memtong hutan lebat TNKS sepanjang lebih kurang 40 km ke arah Tapan, Sumatera Barat, saat ini sedang terus diperbaiki, sehingga tak heran kalau Anda beruntung atau tepat waktunya dan berani, di jalan ini Anda dapat berjumpa dengan Harimau Sumatera atau satwa liar lainnya. Sungguh suatu atraksi yang menakjubkan! (sangat berbeda dengan Taman Safari di Bogor).

Saat ini dengan kondisi jalan yang semakin baik, waktu kunjungan dapat dilakukan kapan saja. Namun agar perjalanan Anda terasa lebih aman sebaiknya dilakukan pada musim panas antara bulan Maret-September, karena apabila musim hujan jalan-jalan di Kerinci rawan longsor. Lebih tepat lagi kunjungan dilakukan pada saat terdapat acara Festival Danau Kerinci setiap bulan Juli atau apabila terdapat acara pesta adat Kenduri Sko.

Sistem komunikasi, jaringan telepon biasa (Telkom) sudah masuk sampai ke desa-desa. Bahkan saat ini telah terjangkau Telkomsel, sehingga pengguna handphone dengan sistem ini akan lebih merasa nyaman. Karena ketika berada di tepi Danau Kerinci sambil menikmati Gulai Ikan Semah atau sedang merebus telur bebek di sumber air panas alam Semurup, pengunjung dapat dengan leluasa menelepon kemana saja yang dituju.

Adapun sarana pendukung lainnya seperti pelayanan Rumah Sakit atu dokter, toko-toko kerajinan relatif sudah mudah didapat saat ini. Demikian pula sarana hiburan TV, hampir semua hotel dan rumah makan memiliki jaringan TV nasional maupun internasional, sehingga Anda tidak akan tertinggal informasi. Kecuali surat kabar atau koran lokal maupun nasional umumnya terlambat satu hari.

Pantaslah Kerinci lebih dikenal sebagai kota "Sakti" yang artinya sejuk, aman, kenangan, tertib dan indah. Karena dengan berbagai potensi alam, budaya, sarana prasarana yang sudah tak ubahnya kita bagai hidup di tanah surga. Sebelum berkunjung ke negeri orang, mengapa tidak kita berkunjung ke Kerinci, salah satu potensi wisata alam dan budaya nusantara yang tiada duanya di dunia. Selamat berkunjung



Pariwisata Kerinci
Wisata Alam terdiri dari
Gunung Kerinci : memiliki ketinggian 3805 m berjarak 49 Km dari Sungai Penuh.
Danau Gunung Tujuh : merupakan salah satu objek wisata alam yang mempunyai keindahan tersendiri berada pada ketinggian 1.996 mDpl adalah Danau tertinggi di Asia Tenggara.
Perkebunan Teh Kayu Aro dengan luas 3050 Ha Berada ketinggian lebih dari 1500 mDpl dan merupakan Perkebunan Teh dengan hamparan terluas di dunia yang di kelola oleh PT. Perkebunan Nusantara VI. Dimana khusus untuk grade 1 s/d 10 merupakan kualitas expor.
Air Terjun Telun Berasap : Air terjun ini menyuguhkan keindahan aliran air melewati tebing terjal (+50 m) dan hempasan curahan air pada bebatuan yang mengeluarkan bunyi gemuruh dan butiran air seperti asap sehingga menimbulkan warna-warna pelangi.
Sumber Air Panas Semurup : terletak 9 Km dari ibukota Kabupaten Sungai Penuh tempat ini dapat dijadikan tempat pemandian air panas alami.
Panorama Bukit Kayangan : dari bukit ini kita dapat melihat keindahan kota Sungai Penuh.
Danau Kerinci : memiliki luas 4000 Ha terletak pada ketinggian 783 mDpl Danau ini terletak 16 Km dari ibukota Kabupaten Sungai Penuh.

Objek Wisata Alam Flora dan Fauna
Taman Nasional Kerinci Seblat, yang terdiri dari flora dan fauna yang indah dan menarik






Objek Wisata Alam lainnya
1. Danau Belibis


2. Rawa Ladeh Panjang


3. Danau Gunung Tujuh



4. Sumber Air Panas Sungai Medang


5. Air Terjun Pancuran Tujuh




6. Hutan Adat Tamadak



7. Tanjung Pelita


8. Air Terjun Telun Berasap



9. Danau Cermin

2 komentar:

"aNgga Tu 'SOX' cUeL" mengatakan...

amazing...

ya...klo gua ke kerinci sklali kali ajak guadunk main ke sono...

udah lama gua gag ngeliat place yang se natural itu...

beneran tuh,semuanya ada di kerinci

Catatan Si Idiot mengatakan...

iyapz......


tu semua ada di kerinci


namax jga segumpal tanah sorga...hehehe




insya Allah ane bkal bawa ente kesana


amin